Rabu, 26 Januari 2011

penyebab kersakan kulkas 2 pintu

Penyebab kerusakan kulkas 2 pintu

Lemari es  2 pintu atau biasa di sebut dengan kulkas tanpa bunga es (no frost) ini kini makin banyak di gemari orang pada lemari es jenis ini dapat mendinginkan makanan dan minuman ataupun sayur mayur yang  di dalamnya akan menjadi lebih segar, di samping itu model no frost ini tidak akan membentuk bunga es , lain halnya dengan kulkas 1 pintu yang selalu terjadi penumpukan bunga es, sehingga pada saat mengambil es batu ataupun makanan akan mejadi sukar sekali di ambilnya karena lengket oleh bunga es tersebut, bahkan kadangkala evaporator kulkas ini bisa bocor karena terkena tusukan benda tajam.
Beberapa hal yang kerap kali menjadi masalah pada kulkas no frost ini adalah antara lain terjadinya bunga es pada evaporator kulkas yang menyebabkan kulkas tidak dapat menyegarkan isi di dalam kulkas tersebut.

Hal ini di sebabkan karena :
1. Heater tidak berfungsi dengan baik (rusak), Jika hetaer mengalami kerusakan maka bunga es yang sudah terbentuk pada evaporator kulkas tidak akan dapat mencair.
2. Timer kulkas sudah rusak, Timer kulkas ini yang yang menghubungkan kompresor bekerja dan heater bekerja (silih berganti)
3. Kipas evaporator mati, Jika kipas evaporator ini rusak bisa juga menyebakan kulkas menjadi tidak dingin karena evaporator yang sudah dingin tidak di hembuskan  ke dalam kulkas oleh kipas ini sehingga lama kelamaan akan terbentuk bunga es.

Satu sama lain perangkat kulkas tersebut saling berkaitan, jadi jika kulkas anda mengalami gejala tersebut segeralah periksakan beberapa spare part tersebut diatas.

2 komentar:

  1. Misi gan, mudah2an blogg ni masih terkontrol sama miminnya ni.
    Gini gan, kulkas ane Polytron 2 pintu yg tanpa bunga es itu.
    Dari pertama pakai samapai sekarang tempat pembuangan air yang di belakang bagian bawah itu gak pernah ada airnya samasekali. Selain itu, di bagian dalam lemari es itu selalu becek. Di bagian tepi pintu pun berembun dan sepertinya air keluar dari bagian depan, entah dari celah pintu atau dari embun tersebut.karena di bawah lemari es ( lantai ) bagian depan basah dari lmari es itu.

    Apa yang harus di perbaiki dan bagaimana cara memperbaikinya?

    Mohon bantuannya gan.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Mhn maap saya sebagai pemula. Mau tanya .untuk kulkas no fros merk polytron. Semua dingin. Tapi kenapa compresor panas sekali. Cek timer dan relay normal. Mhn penjelasanya trims

    BalasHapus